Menyembunyikan Photo dan Video Pribadi dari Jangkauan Anak-anak

Friday, January 22, 2010

Anda yang selalu menyimpan dan mengoleksi photo dan video “khusus dan pribadi”, tentu akan sangat menimbulkan dilema antara “harus” menyimpan koleksi tersebut atau menghapusnya. Anda tentu tidak menginginkan bila suatu waktu keluarga, anak-anak, teman atau kerabat kerja anda tanpa sengaja menemukan dan mengakses koleksi anda tersebut.

Lalu bagaimana anda melindungi folder koleksi anda tersebut, sehingga tidak mudah bahkan tidak bisa diakses oleh orang lain selain anda? Cara termudah, adalah menggunakan fungsi Hidden Folder yang sudah disediakan oleh Windows. Klik kanan pada Folder Koleksi anda kemudian pilih Properties, setelah itu beri tanda ceklist pada attributes Hidden kemudian OK. Sekarang anda akses menu Tools>Folder Option>View kemudian beri tanda ceklist pada pilihan Do Not Show Hidden files and Folders. Tentu saja inilah langkah paling sederhana yang bisa anda lakukan. Bila orang-orang yang mengakses komputer anda cuma “user biasa” yang tidak terlalu mahir dalam berkomputer, langkah ini sudah cukup untuk melindungi folder koleksi anda.

Disamping menyembunyikan folder koleksi anda, cara termudah lainnya adalah me-rename koleksi anda tersebut dengan nama-nama yang tidak terlalu menimbulkan rasa penasaran, pakailah nama-nama umum atau nama-nama yang sedikit berbau teknis, misal beri nama folder koleksi anda tersebut dengan nama “Driver VGA”, “Soundcard”, “System Files”, “Presentasi” dsb sehingga setiap orang yang melihat folder koleksi anda tersebut, akan sedikit terkecoh dan mereka mengira bahwa folder/files tersebut hanya merupakan folder yang hanya berisi file-file (system) biasa.

Untuk mencegah ketidaksengajaan orang lain dalam mengakses folder pribadi anda, ada baiknya setiap kali setelah selesai anda melihat-lihat atau memutar koleksi anda tersebut, anda meng-Clear recent dokumen, baik itu recent docoment di Player yang anda gunakan mauapun recent dokumen pada Windows Anda. Selalu pastikan bahwa di Playlist player anda tidak ada file-file koleksi anda selain itu anda klik kanan pada Taskbar Windows dan pilih Properties hingga akan muncul jendela Taskbar dan Start Menu Properties, klik tab Start Menu beri tanda ceklis pada Start Menu kemudian klik Customize>Advanced anda klik Clear List pada recent dokument, dengan demikian semua file-file yang pernah anda buka tidak akan muncul pada recent dokument.

Sedang untuk mencegah Windows Explorer secara otomatis mereview/thumbnail file-file anda, ada baiknya juga anda me-rename ekstensi file anda. Misal *.jpg menjadi *.jpga, sehingga Windows akan menganggap file koleksi anda sebagai file yang tidak dikenali dengan demikian dapat mencegah Windows secara otomatis mereview/ thumbnail file-file anda.

Solusi lain menyembunyikan koleksi ada menggunakan software. Software yang termudah adalah menggunakan Winzip atau Winrar untuk menyimpan koleksi anda tersebut, dan jangan lupa untuk mengaktipkan password pada file Winzip atau Winrar anda, sehingga sekalipun orang lain bisa melihat bahkan mengakses File Winzip atau Winrar anda, mereka tetap tidak bisa membuka file yang berada didalamnya, karena membutuhkan Password untuk meng-Unzip atau meng-Unrar-nya.

Atau bisa juga anda menggunakan “File Lock” untuk mengunci folder koleksi anda tersebut. Dengan software ini anda bisa mengunci folder/files sehingga orang lain tidak bisa membuka, mengedit, delete bahkan copy atau move, atau bisa juga anda menyembunyikan folder anda dengan software ini sehingga orang lain tidak akan bisa melihatnya dengan Windows Explorer sekalipun. Program lain yang mungkin bisa anda pakai diantaranya : Program Lock dan File Encrypt, FingerPrint, Axcrypt dll.

Related Posts by Categories :



2 comments:

ionebacero said...

bagus gan, tetapi menurut saya software pengunci folder malah akan membuat orang curiga, ada file penting yang disembunyikan. bagusan pakai triks2 anda yang lain.trima kasih.

Unknown said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Post a Comment